Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

KPPI Online 13 Juli 2020: Yesus Mengubah Air Menjadi Anggur

KPPI (Kebaktian Pujian Penyembuhan Ilahi) secara online kembali berlangsung pada hari Senin, 13 Juli 2020 melalui program Live Streaming di Facebook dan You Tube.

Firman Tuhan disampaikan oleh Pdt. Jacob B. Sumbayak, diambil dari Yohanes 2:1-11 tentang Perkawinan di Kana.

Yesus Berkuasa Mengubah Air Menjadi Anggur

Pada waktu itu Yesus dan murid-murid-Nya berada di sebuah pesta perkawinan di Kana di Galilea. Kebiasaan yang ada pada saat itu menghidangkan air anggur yang baik di awal pesta setelah itu menghidangkan anggur yang kurang baik. Ketika mereka kekurangan anggur, Ibu Yesus meminta Yesus melakukan mujizat, dan terjadilah air berubah menjadi anggur. Pemimpin pesta sampai heran karena anggurnya dari awal sampai akhir berkualitas baik.

Ini adalah mujizat Yesus yang pertama, yaitu mengubah air menjadi anggur, dengan kualitas anggur yang baik. Jika disetarakan satu tempayan berisi dua-tiga buyung,  atau sekitar 100 liter, maka 6 tempayan kira-kira berisi 600 liter anggur, bukan jumlah yang kecil.

Maria, ibu Yesus yang meminta kepada Tuhan Yesus untuk melakukan mujizat, karena Maria percaya bahwa Yesus dapat melakukannya. Maria tahu siapa Yesus, kelahiran Yesus saja sudah penuh mujizat. Maria ingat bagaimana dia dalam keadaan masih perawan, mengandung dari Roh Kudus dan melahirkan seorang anak laki-laki yaitu Yesus. Maria tahu bahwa yang dia lahirkan bukan sembarang anak laki-laki, tetapi seorang yang telah dijanjikan oleh Allah. Yesus adalah perjanjian bagi bangsa-bangsa oleh karena itu Maria sangat percaya kepada Yesus.

Benar, Yesus melakukan mujizat, air dalam semua tempayan berubah menjadi anggur. Karena Yesus memang Allah sendiri yang turun dari Sorga dan mau menjadi manusia. Dia hidup sebagai manusia dalam keluarga Yusuf. Dan setelah Yesus memasuki pelayanan, maka Maria yang tahu siapa Yesus, dia meminta Yesus untuk melakukan mujizat.

Yesus, Mesias yang Dijanjikan Allah untuk Menebus Dosa Manusia

Allah telah berjanji untuk memberikan Juruselamat dan mengggenapinya melalui kelahiran Yesus. Yesus adalah Juruselamat yang dapat menebus semua dosa-dosa umat-Nya. Yesus adalah Allah itu sendiri yang mau mati dan menebus dosa-dosa manusia. Yesus tahu bahwa kita tidak sanggup membayar hutang dosa-dosa kita.

Mungkin kita bergumul untuk dapat membayar hutang dosa kita. Dapatkah kita membayar hutang dosa-dosa kita? Kalau kita jujur bisa jadi setiap hari dosa kita bertambah, kita melakukan hal-hal yang tidak sesuai kehendak Tuhan. Allah tahu bahwa tidak ada seorangpun dapat membayar hutang dosa-dosanya. Perlu Allah sendiri yang datang ke muka bumi untuk menyelamatkan kita dan menebus dosa kita. Dialah Yesus. Betapa besar kasih Allah kepada kita, betapa besarnya kerinduan Allah untuk menyelamatkan kita.

Maukah Saudara percaya kepada Yesus? Maukah Saudara berhenti dalam kelelahan dalam hidup ini? Mungkin Saudara berjuang bagaimana untuk dapat selamat dalam hidup Saudara. Saudara rindu untuk dapat berbuat baik tetapi selalu hal-hal jahat yang dilakukan. Tetapi Firman Tuhan berkata barangsiapa percaya kepada penebusan dosa Yesus maka dosa-dosanya ditebus, dibayar dan diselamatkan.

Seperti kita mempunyai hutang ratusan miliar atau ratusan triliun, kita tidak punya sepersenpun untuk membayarnya tetapi ada orang yang mau membayar semua hutang-hutang kita.

Siapa yang mau dosa-dosanya diampuni? Siapa yang mau memperoleh keselamatan dan kekekalan? Siapa yang mau mempunyai suatu jaminan kalau kita mati kita akan masuk dalam kerajaan surga? Hari ini ada suatu kesempatan, jangan tunda. Ambilah keputusan untuk percaya kepada Yesus, maka Tuhan akan masuk dalam hati mu, Dia akan mengubahkan hidupmu dan engkau akan mendapatkan damai sejahteraNya.

Firman Tuhan berkata dalam Yohanes 3:16 Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

Bukan saja hidup di dunia yang diberikan kepada kita tetapi hidup kekal selama-lamanya bersama Bapa disurga. Kita jadi memiliki keyakinan bahwa dosa kita diampuni dan kalaupun kita mati pada saat ini, kita percaya bahwa Yesus akan memberikan kehidupan kekal kepada kita.

Saudara yang percaya kepada Yesus, maka sekarang diberi kuasa menjadi anak-anak Allah. Sesuai Firman Tuhan pada Yohanes 1:12, betapa sukacitanya, Allah di Sorga menjadi Bapa kita. Selamat datang dalam keluarga Kerajaan Sorga, kita bersaudara dalam Tuhan.

Yesus Tetap Sama, Dahulu Ia Menyembuhkan, Sekarang Juga  Mau Menyembuhkan Saudara

Bagi Saudara yang sudah percaya pada Yesus, kalau Saudara sakit maka Yesus mau menyembuhkan Saudara, dan Yesus mau selesaikan semua masalah Saudara. Yesus mau menyembuhkan dan memulihkan Saudara. Mungkin Saudara mengalami problem yang berat sekali, stress berkepanjangan, sulit tidur dan merasa tersiksa sekali. Percayalah Yesus sanggup menyembuhkan.

Lukas 6:17-19 menceritakan banyak orang datang dari berbagai tempat untuk mendengarkan pengajaran Yesus dan untuk disembuhkan dari penyakit mereka. Juga mereka yang dirasuk roh-roh jahat, dan mereka semua memperoleh kelepasan atau kesembuhan. Semua yang datang pada-Nya tidak ada yang dikecewakan. Apa yang membuat mereka semua disembuhkan? Mereka semua percaya atau beriman kepada Tuhan Yesus, sehingga semua sembuh.

Firman Tuhan dalam Yesaya 53:5 mengatakan, “Oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh”. Percayalah dan berkatalah dalam hatimu oleh bilur-bilur Yesus aku telah sembuh. Yesus Kristus tetap sama, dahulu sekarang dan selamanya. Dahulu Ia menyembuhkan maka sekarang Ia juga menyembuhkan.

Tumpangkan tangan Saudara pada bagian yang sakit, apapun sakit Saudara. Apakah itu Covid-19, atau mental health problem, atau stress yang berkepanjangan, atau sakit apapun juga, percaya dalam hati Saudara, Tuhan Yesus sedang bekerja menyembuhkan Saudara. [EM/EM]

Hubungi Kami via Whatsapp