Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

KPPI Online 30 Juli 2020: Yesus Menyembuhkan Anak Pegawai Istana

 

KPPI (Kebaktian Pujian Penyembuhan Ilahi) secara online kembali berlangsung pada hari Kamis, 30 Juli 2020 melalui program Live Streaming di Facebook dan You Tube.

Firman Tuhan disampaikan oleh Pdt. Jacob B. Sumbayak, diambil dari Yohanes 4: 46-54 tentang Yesus menyembuhkan anak pegawai istana.

 

Yesus Menyembuhkan Anak Pegawai Istana

Saat Yesus kembali ke Kana, dimana Ia mengubah air menjadi anggur. Kedatangan Yesus ini diketahui oleh kaum ningrat yaitu yaitu pegawai istana di Kapernaum, dan orang ini datang untuk menemui Yesus supaya menyembuhkan anaknya yang sakit.

Jarak dari kota Kapernaum ke Kana itu sangat jauh, sekitar 26,5 km. Kalau jaman sekarang jika ditempuh dengan mobil mungkin perlu waktu setengah jam. Tetapi pada zaman itu, perjalanan ditempuh dengan berjalan kaki atau memakai kereta kuda. Jika dilakukan dengan berjalan kaki, perjalanan tersebut ditempuh selama 1 hari. Jadi pegawai ini benar-benar meluangkan waktunya untuk datang kepada Yesus dan memohon untuk menyembuhkan anaknya.

Pegawai istana itu berkata kepada-Nya: “Tuhan, datanglah sebelum anakku mati.” Kata Yesus kepadanya: “Pergilah, anakmu hidup!” Orang itu percaya akan perkataan yang dikatakan Yesus kepadanya, lalu pergi. Dia memerlukan waktu sehari perjalanan untuk dapat sampai di kotanya.

Dipertengahan jalan pegawai istana ini bertemu dengan hamba-hambanya, dan mereka datang kepadanya dengan kabar bahwa anaknya hidup. Lalu pegawai istana itu bertanya kepada mereka pukul berapa anak itu mulai sembuh. Jawab mereka: “Kemarin siang pukul satu demamnya hilang.”

Teringatlah ia akan perkataan Yesus. Ternyata walaupun jaraknya jauh, dan Yesus tidak menjamah anak itu, hanya berkata kepada ayahnya saja. Namun tepat ketika Yesus berkata seperti itu anaknya sembuh, demam anaknya langsung hilang dan itu disaksikan oleh hamba-hambanya. Sejak saat itu pegawai istana ini lebih percaya lagi kepada Yesus beserta seluruh keluarganya.

Yesus, Mesias yang Datang untuk Menyelamatkan Manusia

Kenapa mujizat seperti itu dapat terjadi? Kenapa hanya dengan dua patah kata saja anak itu sembuh? Itu terjadi karena Yesus memang dapat melakukan mujizat, karena Dia adalah anak Allah, Mesias yang dijanjikan Allah Bapa, dan dijanjikan akan datang dari keturunan raja Daud yang akan memerintah selama-lamanya.

Firman Tuhan pada Lukas 1:33: “dan Ia akan menjadi raja atas kaum keturunan Yakub sampai selama-lamanya dan Kerajaan-Nya tidak akan berkesudahan.”
Mesias yang dijanjikan oleh Allah dalam Firman Tuhan Matius 1:21 ini akan menyelamatkan umatNya dari dosa.

Dua pekerjaan yang tidak dapat dilakukan oleh manusia biasa. Siapa yang dapat menebus dan mengampuni dosa kita?
Siapa yang dapat menjadi raja bagi kita selama-lamanya?
Hanya Yesus yang dapat melakukannya. Yesus bukan saja melakukan mujizat tetapi Yesus datang untuk menyelamatkan hidup kita dan menjadi raja untuk selama-lamanya.

Kenapa Yesus harus datang untuk mengampuni dosa-dosa kita? Karena kita semua telah berbuat dosa (Roma 3:23) maka itu harus ada yang menebus dosa kita. Tentunya kita tidak sanggup membayar dosa-dosa kita sendiri. Firman Tuhan berkata dalam Yesaya 64:6a, demikianlah kami sekalian seperti seorang najis dan segala kesalehan kami seperti kain kotor. Jadi bagaimana kita dapat membayar hutang-hutang dosa kita kalau kesalehan kita saja seperti kain kotor di hadapan Tuhan? Tidak ada yang dapat membayar hutang dosa kita dan kita telah kehilangan kemuliaan Allah karena kita telah berdosa.
Tetapi ada satu orang yang telah turun dari Surga, Anak Allah, Yesus namanya, lahir karena janji Allah Bapa dan lahir dari seorang perawan Maria, lahir dengan mujizat yang luar biasa untuk Dia menjadi sama seperti manusia.

Dia menebus hidup kita dengan naik ke kayu salib dan menggantikan kita.
Yesus menebus kita bukan dengan barang yang murah dan sederhana tetapi dengan barang yang sangat mahal yaitu nyawa-Nya sendiri. Dia melakukannya sesuai Firman Tuhan dalam Yohanes 3:16 Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

Allah Bapa mengaruniakan anak-Nya yang tunggal menjadi korban penebusan salah bagi kita. Dia yang membayar hutang-hutang dosa kita, Allah sendiri mau berkorban untuk kita. Bukan kita yang berkorban bagi Tuhan tetapi Tuhan yang berkorban bagi kita. Dia sangat mengasihi kita sehingga barangsiapa yang percaya kepada-Nya tidak akan binasa melainkan beroleh hidup yang kekal.
Betapa bahagianya kalau orang diampuni dosanya, betapa luar biasanya kita terlepas dari ikatan dosa. Kita merasa lega dan damai sejahtera kalau kita tahu bahwa dosa kita diampuni, dan Yesus mengampuni dosa kita.

Maukah saudara percaya kepada Yesus? Jika saat ini saudara mendengarkan Firman Tuhan ini, maka ini adalah mujizat karena Yesus mau saudara percaya kepada-Nya. Kalau kita percaya kepada Yesus bukan hanya kesembuhan tetapi juga keselamatan diberikan kepada saudara.

Oleh Bilur-bilur-Nya Kita Menjadi Sembuh

Kalau ada yang rindu disembuhkan, inilah waktunya Yesus menyembuhkan. Yang diperlukan adalah iman. Seperti pegawai istana ini dia datang kepada Yesus menempuh perjalanan yang jauh, meminta kesembuhan bagi anaknya. Dia percaya perkataan Yesus maka anaknya sembuh.


Ini bisa terjadi pada saudara, karena seperti Ibrani 13:8 mengatakan Yesus Kristus tetap sama, baik kemarin maupun hari ini dan sampai selama-lamanya. Dahulu Dia menyembuhkan, sekarang Dia juga akan menyembuhkan Saudara.

Yesaya 53:5 Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh.
Yesus berkali kali dicambuk, menderita sangat luar biasa, tapi oleh bilur-bilur-Nya itulah kita menjadi sembuh. Percayalah kepada Firman Tuhan ini. [EM/EM]

Hubungi Kami via Whatsapp